Apakah anda sedang dalam MASALAH

Apakah anda sedang dalam MASALAH ? ? ??
by Gereja Katolik on Thursday, March 17, 2011 at 2:44pm

Dalam hidup, apa ada yang tidak mengalami masalah ? Seingat saya, masalah datang silih berganti, bahkan datang beruntun dan sering kali terasa belum selesai satu sudah datang masalah lain yang menyita perhatian kita.

Ada suatu cerita yang sampai sekarang saya ingat dengan jelas … walaupun tidak terlalu mendetail.

Suatu hari ada seroang laki2 bernama Jack yang dalam perjalanan pulang ke rumahnya. Dia mendapati seorang wanita agak berumur di tepi jalan dengan mobil terparkir di pinggir karena bannya pecah. Dia bingung harus minta bantuan kepada siapa terlebih kondisi hujan yang cukup deras. Maka Jack menepikan mobilnya dan berusaha membantu.

“Selamat malam, nyonya. Nama saya Jack. Saya akan membantu nyonya. Silahkan anda menunggu di dalam mobil supaya lebih hangat. Saya akan mengganti ban mobil anda.”

Nyonya tersebut terlihat ragu-ragu, walaupun akhirnya menuruti Jack. Mungkin juga takut karena pakaian Jack yang terlihat agak lusuh dari bengkel tempatnya bekerja. Namun dia sendiri tidak tahu harus minta bantuan kepada siapa lagi. Maka dia membiarkan Jack menggantikan ban mobilnya.

“Nah, sudah selesai, Nyonya. Anda bisa meneruskan perjalanan anda”, jawab Jack.

“Berapa yang harus saya bayar, “ sahut wanita tsb.
“Tidak perlu Nyonya,” jawab Jack. “Saya iklas membantu. Kalau Nyonya mau membantu, sebaiknya Nyonya membantu orang lain yang Nyonya lihat perlu bantuan, “ jawab Jack, lalu berlari kecil ke mobilnya dan meneruskan perjalanannya.

Nyonya tsb melanjutkan perjalanannya dan akhirnya memutuskan untuk beristirahat sejenak pada sebuah kedai kopi yang dia temui, untuk menghangatkan tubuhnya karena hujan.

Kedai tsb tidak terlalu besar, diisi oleh beberapa orang supir truk dan dia dihampiri oleh seorang pramusaji muda yang tengah hamil tua.

Walau kelelahan, dia tersenyum dan berkata, “ Ada yang bisa saya bantu ? Apa anda hendak memesan secangkir kopi ?

“ya, tolong secangkir kopi panas dengan gula secukupnya, “ jawab Nyonya tsb.

“Baik, silahkan duduk. Saya akan menyediakannya untuk anda segera, “ jawab pramusaji tsb.

Walau dengan langkah yang agak berat karena kehamilannya, pramusaji itu terlihat melayaninya dengan sepenuh hati dan tulus. Maka Nyonya tsb iba kepadanya dan teringat akan ucapan Jack.

Tak lama kemudian, dia sudah kembali dengan secangkir kopi hangat di nampan dan menghidangkannya di meja kecil yang dipilih oleh Nyonya tsb.

“Ini kopi anda, nyonya,” ujar pramusaji tsb.
“Terima kasih.” Jawab si Nyonya sambil menyodorkan uang USD 100.

“ Silahkan anda menikmati kopi anda, saya akan segera kembali dengan kembalian untuk anda,” jawab pramusaji itu.

Nyonya tsb mengangguk namun segera pergi setelah menuliskan sesuatu di tissue dekat cangkirnya dan pergi bergegas ke mobil untuk melanjutkan perjalanannya.

Si pramusaji berusaha mengejar nyonya tsb untuk memberikan kembaliannya, namun karena kelelahan dan kehamilannya, tentu saja dia tertinggal. Maka dia memutuskan untuk ke meja Nyonya tsb untuk membersihkan meja tsb dan bersiap untuk pulang.
Terkejutlah dia ketika dia melihat tulisan yang ada di tissue dan uang sekitar USD 300 di meja tsb.

“Ini ada sedikit untuk kamu, dan kembaliannya boleh kamu ambil. Dan bagilah dengan orang lain yang membutuhkannya.”

Pramusaji tsb terharu dan segera membereskan pekerjaannya lalu pulang.

Sesampainya di rumah, dia mendapati suaminya telah tertidur pulas karena kecapaian. Maka setelah membersihkan diri dia menghampiri suaminya dan berbisik,

“suamiku, kamu tidak perlu kuatir lagi untuk biaya persalianan anak kita. Tuhan telah menjawab doa kita. Aku mencintaimu, JACK, “ seraya mencium kening laki2 yang telah tertidur tsb.

Berapa banyak dari kita yang ketika mengalami masalah hanya memikirkan masalah kita sendiri tanpa memperhatikan orang di sekeliling kita ?

Apakah kita masih mau menolong orang lain dengan tulus ketika kita juga memilik masalah ? ataukah kita memanfaatkan orang lain untuk membantu masalah kita alias minta timbal balik ?

Pada Masa Prapaskah ini, ada baiknya kita merenungkan apa yang kita lakukan. Dan cerita di atas adalah contoh yang baik untuk kita peduli kepada sesama terlepas apapun beban atau masalah yang kita hadapi.

PAX CHRISTI

-mb-

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: